Menghidupi Portal Berita yang Masih Belia

Menghidupi Portal Berita yang Masih Belia
logo Jurnal3.com

Jurnal3.com adalah sebuah portal berita nasional dan mancanegara yang berisi berbagai berita mengenai bisnis, ekonomi, olahraga, politik, dan lifestyle. Redaksinya berada di Jajartunggal – Wiyung, Surabaya, dan dipimpin oleh Rizal Hasan MW sejak 2013.

Dalam websitenya, Jurnal3.com menyediakan rubrik Politik, Nasional, Sport, Globaltainment, Teknologi, Lifestyle, Ekonomi Bisnis, Internasional, dan The Untold Story. Dilengkapi dengan menu media sosial, tentang redaksi, kontak, dan space iklan.

Warna yang dominan dalam portal berita ini adalah merah dengan background putih, dan logo jurnal3 berwarna hitam-merah dengan tagline: moving forward. Portal ini menyuguhkan tampilan yang penuh dengan berita (headline, berita terkini, berita terpopuler, dan lain-lain) di halaman depannya, ditambah dengan beberapa iklan, namun tetap terlihat sederhana dan ringan.

Penampilan portal ini terlihat menjanjikan jika dilihat secara kasat mata. Mampu bersaing dengan portal berita lain seperti aktual.co, viva.co.id, atau bahkan mungkin detik.com.

Namun apabila ditinjau lebih jauh, portal berita yang baru berusia 2 tahun ini masih belum begitu produktif seperti portal-portal berita yang lainnya. Terlihat dari beberapa menu, diantaranya Sport, Globaltainment, dan Teknologi, yang update berita terakhirnya pada tahun 2014, menu The Untold Story terakhir pada tahun 2013, serta menu Internasional dan Lifestyle terakhir pada bulan Januari dan Februari 2015. Selain itu, fanpage nya di facebook sudah tidak aktif sejak Mei 2014.

Meskipun begitu, portal berita ini masih terus memposting berita terbaru dalam menu Politik, Nasional, dan Ekonomi Bisnis. Update berita-berita tersebut mungkin dirasa cukup untuk menghidupkan sebuah portal berita nasional, meskipun tidak sesering viva.co.id atau detik.com, berita dalam Jurnal3.com masih terus update setidaknya dalam waktu 1 jam.

Dengan skor SEO 34%, Jurnal3.com masih kalah dibanding detik.com yang bisa mencapai 51%. Namun, nilai gtmetrix yang diperoleh Jurnal3.com lebih baik daripada detik.com (B-B dan B-D). Ditambah dengan halaman web yang responsive, Jurnal3.com sudah layak untuk dibilang bagus secara keseluruhan. Kekurangannya hanya pada isi berita yang kurang banyak untuk menghidupi sebuah portal berita.

No comments:

Post a Comment

 

SUBSCRIBE ME

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FANSPAGE

Powered by Blogger.